Minggu, 09 Juni 2013

perpustakan SMA 7


SMAN 7 Semarang Kembangkan Perpustakaan


Perpustakaan SMAN 7 Semarang selalu terlihat ramai dikunjungi siswa
PERPUSATAKAAN merupakan satu bagian penting dalam sekolah. Keberadaanya bisa menjadi jendela ilmu dan wawasan siswa dalam melihat dunia lebih luas. Oleh sebab itu, penting dilakukan pengembangan dan pengelolaan terhadap perpustakaan sekolah secara maksimal, sebagaimana dilakukan SMAN 7 Semarang selama ini.

Dengan konsistensi semangat mengembangkan perpustakaan sekolahnya, SMAN 7 Semarang tidak saja telah berhasil mendongkrak minat baca para siswanya. Pada ajang lomba perpustakaan kategori SMA tingkat Kota Semarang baru-baru ini, SMAN 7 Semarang berhasil menjadi juara I.

Kepala Sekolah Kastri Wahyuni mengatakan, memiliki perpusakaan sekolah yang memadai merupakan salah satu impian yang ingin terus diwujudkan. Tanpa mengesampingkan pengembangan sektor lain, pihaknya mengaku terus berjuang membangun perpustakaan sekolah secara bertahap. 

“Kami selalu berupaya menambah koleksi buku. Tahun 2010, jumlah koleksi judul buku perpustakaan kami ada sekitar 4.994 judul. Tahun ini sudah mencapai 5.453 judul. Sedangkan jumlah eksemplar pada 2010 ada sekitar 8.929 buku dan meningkat pada tahun ini menjadi 10.480 buku,” beber Kastri, saat ditemui di sekolah, Juma’at (9/12).

Pihaknya juga mengaku terus menggenjot sistem pelayananan perpustakaannya. Selain, peningkatan kualitas pegawai perpustakaan, sejak 2008 pihaknya juga menerapkan sistem aplikasi Libguard untuk peminjaman dan pengembalian, pencarian buku, finger print, aktivasi kartu, dan barcode. Selain itu, disediakan pula akses internet via WiFi di indoor dan outdoor perpustakaan. “Semua ihktiar itu kami terus upayakan agar para siswa betah mengunjungi perpustakaan,” imbuhnya. 

Dalam pengembangan fasilitas perpustakan sekolahnya, Kastri mengaku selalu menganggarkan biayanya melalui RAPBS setiap tahunnya. Selain itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak. “Untuk koleksi buku, kami juga memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menyumbangkan bukus bekas yang mereka miliki,” terangnya.

Terkait prestasi yang berhasil diraih SMAN 7 Semarang dalam lomba perpustakaan baru-baru ini, Kastri mengaku bangga, apalagi dalam lomba itu sekolanya yang notabenenya masih sebagai sekolah biasa (non-RSBI/SBI) bisa mengungguli sekolah RSBI. Pada lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA se-Semarang 2011, SMAN 7 Semarang berhasil menjadi juara pertama, disusul SMAN 1 dan SMAN 3 Semarang.

“Paling tidak, pencapaian itu akan berguna untuk pemacu semangat dalam membangun perpustakaannya sekolahnya lebih baik lagi,” tandasnya. (sna)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar